Investor Startup Telkom Buka Suara Soal Zenius Berhenti Operasi

Investor Startup Telkom Buka Suara Soal Zenius Berhenti Operasi

CEO MDI Ventures Donald Wihardja / Foto : Monica Wareza

Startup edutech Zenius berhenti beroperasi untuk sementara. MDI Ventures milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk., sebagai salah satu investornya pun buka suara.

CEO MDI Ventures, Donald Wihardja menjelaskan naiknya inovasi digital di era startup membuat Zenius menjadi berada di bawah tekanan untuk bersaing dengan edutech lainya.

Di tahun 2019, Zenius mulai menggalang dana untuk mendapatkan investor dari venture capital agar bisa mengejar para pemain lain.

Pada pandemi, permintaan layanan edutech meningkat pesat hingga dilihat sangat menguntungkan. Tapi setelah pandemi permintaan itu mulai meredah. Sehingga terjadi cost corrention karena ternyata permintaan tidak sesuai dengan ekspektasi yang dibayangkan.

“Di situlah Zenius https://totogaming.site/ harus milih apakah terus tancap gas sampai titik terakhir nabrak tembok dan akhirnya karyawan-karyawannya tiba-tiba tidak punya harapan, atau untuk sementara istirahat dulu, ya punya uang cukup untuk melakukan pemutusan hubungan kerja yang baik dan benar untuk seluruh karyawannya yang dilakuan dalam beberapa wave,” ujar Donald dalam segmen Profit di CNBC Indonesia, Jumat (5/1/2024).

Menurutnya kejadian ini merupakan dampak funding winter atau musim dingin pendanaan. Startup terdampak seperti Zenius pelan-pelan mencoba mencari investor-investor, tetapi sampai sekarang belum ada.

Akhirnya Zenius melakukan yang Donald anggap bisa disebut sebagai soft landing atau pendaratan yang lembut. Dia menjelaskan Zenius masih memegang brand, content yang valuable, tetapi untuk sementara mereka melepaskan karyawan-karyawan dulu sambil mencari episode berikutnya dari perjalanan Zenius.

Zenius tidak menjelaskan secara detail alasan penutupan operasi perusahaan yang, antara lain, didukung oleh investasi dari MDI Ventures milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk., Northstar Group milik Patrick Walujo, Alpha JWC, Openspace Ventures, dan Beacon Venture Capital tersebut.

Dalam pernyataan pers soal pendanaan dari MDI Ventures, Zenius mengaku telah meraih total pendanaan senilai US$ 40 juta (Rp 622 miliar) sejak berdiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*